Materi Pemrograman Berorientasi Objek

Ya, kali ini saya akan berbagi materi tentang Pemrograman Berorientasi Objek atau disingkat PBO dan kalo bahasa inggrisnya itu OOP (Object Oriented Pogramming).

Apa sih bedanya PBO sama Pemrograman Biasa/Terstruktur? (Structure Programming).
Bedanya yaitu kalo PBO/OOP ini menggunakan objek sebagai sasaran utamanya, eh maksudnya dalam membuat program ini maka data-datanya itu berupa objek yang nanti dikelas-kelaskan, contohnya kayak gambar di atas. Objek Mobil, mempunyai kelakuan/behaviour (method) nya yaitu isi_bensin() / refuel(), aturKecepatan() / setSpeed() , mengemudi() / drive() . Dan juga memliki atribut atau variabel-variabelnya yaitu fuel dan maxspeed.

Terus bedanya apa sama Stucture Programming?
Bedanya kalo Structure Programming itu kita ngoding dari awal sampe akhir itu ya terstruktur ga dibikin kelas dan objek seperti OOP.

Kelebihannya OOP di banding dengan Structure Programming?
Kalo OOP misalkan codingan kita ada yang error atau ingin mengubahnya maka kita ngga kesulitan buat nyari di mana yg mau kita ubah, kan udah dikelompokan menurut kelas dan objeknya. Pokoknya mah lebih simpel.

Pake bahasa pemrograman apa OOP ini?
Bahasa pemrograman yang saya gunakan adalah java, tapi ngga cuma java aja sih banyak bahasa pemrograman yang mensupport OOP ini, kayak PHP, C++, C#, Phyton, banyak dah pokoknya :D

Materi yang saya bagikan ini emang sedikit, jarang minta ke dosennya sih haha, tapi ada beberapa latihan praktek dasar tentang OOP kayak polimorfisme, encapsulation, constructor, exception. tapi di internet banyak kok yang ngebahas tentang OOP ini, pokoknya konsep OOP ini kekinian banget lah :D
Yok langsung dicek aja:

http://adf.ly/1WBuJd

Previous
Next Post »